Wednesday 21 January 2015

Ulama ini Hatamkan Al Qur`an 18 Ribu Kali Saat Hidup


ABU BAKR BIN AYYASH adalah seorang ulama qari’ yang hidupnya tidak lepas dari Al Qur`an. Suatu saat saat Abu Bakr bin Ayyash menjelang wafat, ia menyaksikan bahwa saudari perempuannya menangis.
Abu Bakr bin Ayyash pun berkata kepada saudarinya tersebut,”Janganlah engkau menangis”, sambil menunjuk ke sudut rumah, lalu ia mengatakan,” sesungguhnya saudaramu di sudut itu telah menghatamkan Al Qur`an sebanyak 18 ribu kali.”
Setelah wafat, Al Haitsam bin Kharijah sahabat Abu Bakr Ayyash mengisahkan bahwa ia bertemu sahabatnya itu dalam mimpinya. Di kakinya ada semangkuk kurma manis.
Al Haitsam bin Kharijah pun mengatakan, ”Wahai Abu Bakr, kenapa engkau tidak mengundangku untuk ikut makan?” Abu Bakr pun menjawab,”Wahai Kharijah, ini adalah makanan ahli surga, ahli dunia tidak memakannya”.
Kemudian Al Haitsam bertanya, bagaimana sahabatnya itu hingga mencapai derajat yang demikian itu. Abu Bakr pun menjawab, ”Engkau bertanya kepadaku tentang hal ini? Telah berlalu selama 68 tahun aku menghatamkan Al Qur`an tiap malamnya.” (Dalam Hilyah Al Auliya, 8/303)
Rep: Sholah Salim
Editor: Cholis Akba

sumber : http://www.hidayatullah.com/kajian/hikmah/read/2015/01/16/36730/ulama-ini-hatamkan-al-quran-18-ribu-kali-saat-hidup.html#.VMBk6sk2x_0

0 comments:

Post a Comment